Selasa, 09 Desember 2014

contoh majas # macam-macam majas # pengertian majas

Contoh macam -macam majas dan pengertian majas. Materi yang di bahas dalam Bahasa Indonesia memang begitu banyak, salah satu materi yang di bahas yaitu Contoh Majas serta pengertian majas. Majas juga di gunakan kata-kata yang  indah di gunakan untuk mempercantik tulisan dan susunan kalimat yang bertujuan untuk memperoleh efek tertentu agar tercipta sebuah kesan imajinatif bagi pembaca atau pendengarnya, baik secara lisan maupun tertulis.  istilah majas yang di pelajari dalam  Bahasa Indonesia memang cukup banyak, dalam puisi, pantun, dan karya sastra atau karya tulis lainnya.


Selain itu, pengertian atau definisi majas, adalah pemanfaatan gaya bahasa khas untuk memperoleh efek-efek tertentu sehingga menciptakan kesan kata kata yang lebih kereatip serta imajinatif. contoh macam-macam majas seperti , Majas Metafora, Contoh Majas Hiperbola, Personifikasi dan Contoh Majas Alegori serta lain-lain adalah hal penting bagi Anda  mempelajari lebih jauh salah satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Untuk menggunaan majas yang baik dalam membuat  puisi ataupun cerita menjadi syarat mutlak untuk menentukan tulisan tersebut menarik atau tidak. Oleh karena itu juga, ke terampilan  dalam berbahasa dan penulisan sangat diperlukan untuk mendalami dunia penulisan. baik itu novel, puisi, ataupun pantun. Jadi mulai sekarang perbanyaklah merangkai  susunan bahasa  dan tulisan Anda di buku setiap harinya supaya Anda terlatih untuk membuat majas dengan ide pemikiran anda dengan gaya yang menarik.



Secara garis besar, majas juga di bagi  menjadi empat golongan atau kelompok. berikut ini  macam-macam majas dan pengelompokannya.
  1. Pertama Contoh Majas Perbandingan
  2. Kedua Contoh  Majas Pertentangan
  3. Ketiga Contoh Majas Sindiran
  4. Keempat Contoh Majas Penegasan
Setelah kita bahas di atas mengenai contoh jenis dan macam-macam majas yang ada dalam struktur. untuk lebih jelasnya pengertian majas tersebut beserta  contohnya, saya dapatkan melalui  referensi berikut ini zetapedia.com

1. Majas Perbandingan

Contoh Majas Perbandingan adalah majas yang  menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan juga pengaruhnya terhadap pendengar ataupun pembaca memiliki kata-kata berkias. Majas Perbandingan terbagi atas beberapa majas seperti :

1) Contoh Majas Asosiasi atau Perumpamaan
Majas Asosiasi atau Perumpamaan pada hakikatnya memiliki perbandingan terhadap dua hal  berbeda, tetapi dianggap sama.

2) Contoh Majas Metafora
Majas Metafora adalah majas yang mengunakan gaya bahasa membandingkan suatu benda dengan benda lainnya memiliki sifat yang sama atau hampir sama.

3) Contoh Majas Personifikasi
Majas Personifikasi adalah majas pengungkapan mengunakan perilaku manusia yang membandingkan benda-benda mati  seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia.

4) Contoh Majas Alegori
Majas Alegori adalah majas yang mengambarkan melalui kiasan dan menyatakan dengan cara berbeda

5) Contoh Majas Hiperbola
Majas hiperbola adalah majas yang dalam pengungkapan kata yang berlebihan dan tidak masuk akal sehinga di luar kenyataan

6) Contoh Majas Metonimia
Majas Metonimia adalah majas yang memakai label dari sebuah benda, untuk menggantikan benda lain yang menjadi merek, ciri khas, atau atribut.
7) Contoh Majas Sinekdok
Majas Sinekdok adalah majas yang terdiri atas dua bentuk  menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya.

8) Contoh Majas Simile
Majas Simile adalah majas eksplisit yang pengungkapan kata-kata berbanding dengan kata depan dan penghubung yang dinyatakan, seperti ''bagaikan'', ''umpama'',layaknya, ''bak'', "ibarat", bagai".


2. Majas Pertentangan 

Contoh Majas Pertentangan adalah majas yang dalam kata-katanya berkiasan  menyatakan pertentangan bagi pembicara atau penulis. Untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya kepada pembaca maupun pendengar. lihat beberapa contoh majas pertentangan berikut ini :

1) Contoh Majas Antitesis
Majas Antitesis adalah majas yang menggunakan pasangan kata yang artinya berlawanan kata.

2) Contoh Majas Paradoks
Majas Paradoks adalah majas yang mengandung pernyataan dan fakta yang ada bertentangan.

3) Contoh Majas Hiperbola
Majas hiperbola adalah majas yang kata-katanya berkesan berlebihan

4) Contoh Majas Litotes
Majas Litotes adalah majas yang  mengecilkan atau menguranginya menyatakan sesuatu dengan cara yang berlawanan dari kenyataannya. Tujuannya untuk merendahkan diri.


3. Majas Sindiran

Contoh majas sindiran adalah majas yang mengunakan kata berkias yang menyatakan sindiran serta meningkatkan kesan  pengaruhnya terhadap pendengar atau pembaca. Contoh majas sindiran


1) Majas Ironi
Contoh Majas Ironi adalah kata-kata yang bertentangan dengan maksud untuk menyindir seseorang.

2) Majas Sinisme
Contoh Majas Sinisme adalah majas yang menyatakan secara langsung kepada orang lain

3) Majas Sarkasme
Contoh Majas Sarkasme adalah majas yang paling kasar. Majas ini biasanya di pakai saat seseorang sedang emosi atau marah.

4. Majas Penegasan

Contoh Majas Penegasan adalah majas yang menyatakan penegasan mengunakan kata kiasan untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya terhadap pembaca maupun pendengarnya. Majas penegasan terbagi menjadi 7 bagian sebagai berikut :
 

1) Majas Pleonasme
Contoh Majas Pleonasme adalah majas yang menegaskan arti dalam suatu kata menggunakan kata secara berlebihan.

2) Majas Repetisi
Contoh Majas Repetisi adalah majas penegasan yang mempunyai kata kata berulang dengan tujuan untuk memperjelas kata kata yang di gunakan.

3) Majas Paralelisme
Contoh Majas Paralelisme adalah majas yang biasa terdapat di halaman puisi menggunakan  pengulangan kata.

Contoh:
Cinta adalah kepercayaan
Cinta adalah anugerah
Cinta adalah keberanian

4) Majas Tautologi
Contoh Majas Tautologi adalah  penegasan kata dengan mengulang beberapa kali dalam sebuah kalimat menggunakan kata sinonim.

5) Majas Klimaks
Contoh Majas Klimaks adalah majas yang menyatakan hal secara berturut-turut semakin lama semakin meningkat bertujuan untuk memperjelas kalimat.


6) Majas Antiklimaks
Contoh Majas Antiklimaks adalah kebalikan dari majas klimaks menyatakan hal secara berturut-turut semakin lama semakin menurun.

7) Majas Retorik
Contoh Majas Retorik adalah yang berupa majas dalam kalimat tanya namun tak memerlukan jawaban.


mungkin itu lah pengertian serta penjelasan mengenai macam - macam majas untuk contoh majas itu sendiri anda bisa lihat di sini KUMPULAN CONTOH MAJAS TERLENGKAP


2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT. INKA Multi Solusi

    BalasHapus
  2. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang majas, semoga dapat saling melengkapi

    Macam Majas beserta Contoh dan Penjelasannya - MARKIJAR.Com

    BalasHapus